Latest News

Wednesday, January 9, 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) KTSP TENTANG AL-QUR'AN HADITS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


Sekolah                             : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester              : II ( Dua )  / 1  ( Ganjil )
Alokasi Waktu                 : 1 X 30 Menit (1x pertemuan)


STANDAR KOMPETENSI                        : 1. Mengenal kedudukan, fungsi dan tujuan Al-Qur’an

Kompetensi Dasar                             : 1.1 Menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
                                                                                                    
INDIKATOR
1.      Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
2.      Menjelaskan kedudukan Al-Qur’an
3.      Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
4.      Menjelaskan tujuan Al-Qur’an

TUJUAN
1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian Al-Qur’an
2.    Siswa mampu menjelaskan kedudukan Al-Qur’an
3.     Siswa mampu menjelaskankan fungsi Al-Qur’an
4.    Siswa mampu menjelaskan tujuan Al-Qur’an bagi kehidupan
manusia
5.    Siswa mampu Menunjukkan sikap tertarik untuk menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup

MATERI PELAJARAN
1.    Pengertian Al-Qur’an
2.    Kedudukan Al-Qur’an
3.     Fungsi Al-Qur’an
4.     Tujuan Al-Qur’an

METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan Kegiatan
§  Salam , do’a, menanyakan keadaan kesehatan
2.      kegiatan Inti
elaborasi
kegiatan ini, guru:
§  Guru menyampaikan materi kedudukan, fungsi dan tujuan Al-Qur’an dengan menggunakan media power point
Konfirmasi
Kegiatan ini, guru:
§  Guru bertanya mengenai materi yang belum diketahui oleh siswa
§  Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai materi kemudian memberi kesimpulan

PENUTUP
§  Guru mengulang kembali materi yang sudah disampaikan
§  Memberi pertanyaan umpan balik kepada murid tentang materi
§  Merencanakan kegiatan lanjutan
§  Do’a penutup

B.           MEDIA / SUMBER
§  Power point
§  Buku paket Al-Qur’an- Hadits Madrasah Tsanawiyah
§  Sember kajian

I.              Pilihan ganda
Berilah tanda (x) pada salah satu jawaban yang paling benar
1.Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi...
a. Isa a.s                      c. Muhammad saw
b. Daud a.s                  d. Musa a.s
2. membaca Al-Qur’an sudah dipandang sebagai...
a. pengetahuan                        c. mengisi waktu luang
b. muamalah                d. Ibadah
3. mushaf Al-Qur’an dimulai dengan surah .....
a. An-Nas                    c. Al-Ikhlas
b. Al-Falaq                  d. Al-Asr
4. di antara fungsi Al-Quran adalah sebagai hudan, yang artinya...
a. rahmat dan keberuntungan bagi umat
b. pembeda antara yang baik dan yang buruk
c. petunjuk bagi kehidupan ummat
d. obat rohani ummat
5. Al-Qur’an merupakan berita gembira bagi orang-orang yang telah berbuat baik kepada Allah dan sesama manusia.
Dengan demikian, Al-Qur’an berfungsi sebagai...
a.       Busyra             c. tibyan
b.      Syifa                d. Hakim

II.           uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. apa yang disebut Al-Qur’an menurut bahasa dan istilah..?
2. apa fungsi Al-Qur’an bagi umat manusia..?
3. bagaimana cara memfungsikan Al-Qur’an..?

No comments:

Post a Comment

Recent Post