Latest News

Saturday, January 19, 2019

definisi dan strategi cara memasarkan barang



Pemasaran Makanan
contoh makanan sebalk sebagai barang yang dipasarkan
Definisi Pemasaran
Pemasaran menurut American Marketing Association, pemasaran diartikan sebagai hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang langsung berkaitan dengan mengalirnya barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pengertian lain menyatakan pemasaran sebagai usaha untuk menyediakan dan menyampaikan barang dan jasa yang tepat kepada orang-orang yang tepat pada tempat dan waktu serta harga yang tepat dengan promosi dan komunikasi yang tepat. Pemasaran yaitu sebagai usaha untuk menciptakan dan menyerahkan suatu standar kehidupan.  Selain itu pemasaran sebagai kegiatan manusia untuk diarahkan untuk memenuhi pertukaran.
Kegiatan pemasaran sebenarnya berkembang sejak adanya kebutuhan manusia dan usaha untuklmemenuhi kebutuhan manusia itu melalui pertukaran. Perkembangan peradaban manusia menimbulkan perkembangan penggunaan alat pertukaran. Dengan adanya perkembangan tersebut mulailah dikenal transaksi jual beli. Pada masa itu pemasaran barulah merupakan kegiatan transaksi jual beli dimana seluruh barang-barang yang dihasilkan atau diproduksikan dengan mudah dapat terjual. Masalah yang diutamakan pada saat itu bagaimana menghasilkan suatu barang. ,hal ini terutama disebabkan barang apapun yang dihasilkan dapat terjual. Oleh karena itu orientasi manajemen pada saat itu adalah orientasi produksi.
Dengan meningkatnya jumlah barang yang diproduksi dan adanya peningkatan usaha untk memenuhi kebutuhan manusia, menimbulkan kegiatan perdagangan dan usaha pendistribusian barang dari tangan  produsen sampai ke tangan konsumen.kegiatan pemasaran yang dilakukan pada saat itu terutama ditekankan pada kegiatan penyaluran. Dalam masa itu timbil persaingan antara produsen dalam menyampaikan produknya ke tangan konsumen. Adanya persaingan ini menimbulkan mulai dikenalnya kegiatan promosi disamping kegiataan distribusi atau penyaluran. Orientasi pemikiran mamajemen pada saat itu telah berkembang dari orientasi produksi menjadi orientasi penjualan. Dalam hal ini penekanan utamanya adalah bagaimana barang yang dihasilkan dapat dijual, sehingga target penjualan yang ditetapkan dapat dicapai dalam rangka pencapaian tujuan keuntungan perusahaan jangka pendek.
Strategi Pemasaran
            strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran kebijakan dan aturan yang telah memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari suatu waktu ke waktu pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Oleh karena itu, penentuan strategi pemasaran harus didasarkan atas analisa lingkungan dan internal perusahaan  melalui analisa keunggulan dan kelemahan perusahaan, serta analisa kesempatan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari lingkungannya. 
Disamping itu strategi pemasaran yang telah ditetapkan dan dijalankan, harus dinilai kembali apakah masih sesuai dengan keadaan atau kondisi pada saat ini. Penilaian atau evaluasi ini menggunakan analisa keunggulan, kelemahan, kempatan, ancaman. Hasil penilaian atau evaluasi digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah strategi yang dijalankan perlu diubah, dan sekaligus digunakan sebagai landasan untuk menyusun atau menentukan strategi yang akan dijalankan pada masa yang dijalankan.

Kebijaksanaan pemasaran
1.      Kebijakan produk
Pemilihan yang saksama akan produk merupakan bagian yang penting. Pembeli baru mau membeli suatu produk kalau memang merasa tepat untuk membeli produk yang bersangkutan. Artinya produklah yang harus menyesuaikan diri terhadap pembeli bukan pembeli yang menyesuaikan diri pada produk.
2.       kebijaksanaan harga (price)
harga bagi sebagian besar masyarakat masih menduduki tempat teratas, sebelum ia membeli barang atau jasa bagi penjual yang penting bagaimana menetapkan harga yang pantas, terjangkau oleh masyarakat dan tidak merugikan perusahaan.
3.      Kebijakan saluran distribusi
Untuk menyampaikan barang dan jasa ke konsumen apakah diperlukan saluran distribusi. Perlukah adanya penyalur, apa langsung dari produsen ke konsumen?
4.      Kebijaksanaan promosi
Suatu barang tidak selalu langsung dikenal oleh konsumen.  Mungkin juga barang sudah lama tetapi sudah mulai dilupakan. Oleh karena itu perlu dilakukan promosi karena promosi itu kegiatannya memperkenalkan dan mengingatkan kembali akan suatu produk, penjualnya maupun pembuatnya.
Keberhasilan suatu perusahaan dalam pemasaran harus ditunjang dengan berhasilnya memilih produk yang tepat, harga yang pantas, saluran distribusi yang baik dan promosi yang efektif.

No comments:

Post a Comment

Recent Post