Pemasaran Makanan
contoh makanan sebalk sebagai barang yang dipasarkan |
Definisi Pemasaran
Pemasaran menurut American Marketing Association, pemasaran
diartikan sebagai hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang langsung berkaitan
dengan mengalirnya barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pengertian lain
menyatakan pemasaran sebagai usaha untuk menyediakan dan menyampaikan barang
dan jasa yang tepat kepada orang-orang yang tepat pada tempat dan waktu serta
harga yang tepat dengan promosi dan komunikasi yang tepat. Pemasaran yaitu
sebagai usaha untuk menciptakan dan menyerahkan suatu standar kehidupan. Selain itu pemasaran sebagai kegiatan manusia
untuk diarahkan untuk memenuhi pertukaran.
Kegiatan pemasaran sebenarnya berkembang sejak adanya kebutuhan
manusia dan usaha untuklmemenuhi kebutuhan manusia itu melalui pertukaran.
Perkembangan peradaban manusia menimbulkan perkembangan penggunaan alat
pertukaran. Dengan adanya perkembangan tersebut mulailah dikenal transaksi jual
beli. Pada masa itu pemasaran barulah merupakan kegiatan transaksi jual beli
dimana seluruh barang-barang yang dihasilkan atau diproduksikan dengan mudah
dapat terjual. Masalah yang diutamakan pada saat itu bagaimana menghasilkan
suatu barang. ,hal ini terutama disebabkan barang apapun yang dihasilkan dapat
terjual. Oleh karena itu orientasi manajemen pada saat itu adalah orientasi
produksi.
Dengan meningkatnya jumlah barang yang diproduksi dan adanya
peningkatan usaha untk memenuhi kebutuhan manusia, menimbulkan kegiatan
perdagangan dan usaha pendistribusian barang dari tangan produsen sampai ke tangan konsumen.kegiatan
pemasaran yang dilakukan pada saat itu terutama ditekankan pada kegiatan
penyaluran. Dalam masa itu timbil persaingan antara produsen dalam menyampaikan
produknya ke tangan konsumen. Adanya persaingan ini menimbulkan mulai
dikenalnya kegiatan promosi disamping kegiataan distribusi atau penyaluran.
Orientasi pemikiran mamajemen pada saat itu telah berkembang dari orientasi
produksi menjadi orientasi penjualan. Dalam hal ini penekanan utamanya adalah
bagaimana barang yang dihasilkan dapat dijual, sehingga target penjualan yang
ditetapkan dapat dicapai dalam rangka pencapaian tujuan keuntungan perusahaan
jangka pendek.
Strategi Pemasaran
strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh,
terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, dijalankan untuk dapat tercapainya
tujuan pemasaran suatu perusahaan. Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah
serangkaian tujuan dan sasaran kebijakan dan aturan yang telah memberi arah
kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dari suatu waktu ke waktu pada
masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai tanggapan
perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu
berubah. Oleh karena itu, penentuan strategi pemasaran harus didasarkan atas
analisa lingkungan dan internal perusahaan melalui analisa keunggulan dan kelemahan perusahaan,
serta analisa kesempatan dan ancaman yang dihadapi perusahaan dari
lingkungannya.
Disamping itu strategi pemasaran yang telah ditetapkan dan
dijalankan, harus dinilai kembali apakah masih sesuai dengan keadaan atau
kondisi pada saat ini. Penilaian atau evaluasi ini menggunakan analisa
keunggulan, kelemahan, kempatan, ancaman. Hasil penilaian atau evaluasi
digunakan sebagai dasar untuk menentukan apakah strategi yang dijalankan perlu
diubah, dan sekaligus digunakan sebagai landasan untuk menyusun atau menentukan
strategi yang akan dijalankan pada masa yang dijalankan.
Kebijaksanaan pemasaran
1.
Kebijakan
produk
Pemilihan yang
saksama akan produk merupakan bagian yang penting. Pembeli baru mau membeli
suatu produk kalau memang merasa tepat untuk membeli produk yang bersangkutan.
Artinya produklah yang harus menyesuaikan diri terhadap pembeli bukan pembeli
yang menyesuaikan diri pada produk.
2.
kebijaksanaan harga (price)
harga bagi sebagian besar masyarakat masih menduduki tempat
teratas, sebelum ia membeli barang atau jasa bagi penjual yang penting
bagaimana menetapkan harga yang pantas, terjangkau oleh masyarakat dan tidak
merugikan perusahaan.
3.
Kebijakan
saluran distribusi
Untuk menyampaikan barang dan jasa ke konsumen apakah diperlukan
saluran distribusi. Perlukah adanya penyalur, apa langsung dari produsen ke
konsumen?
4.
Kebijaksanaan
promosi
Suatu barang tidak selalu langsung dikenal oleh konsumen. Mungkin juga barang
sudah lama tetapi sudah mulai dilupakan. Oleh karena itu perlu dilakukan
promosi karena promosi itu kegiatannya memperkenalkan dan mengingatkan kembali
akan suatu produk, penjualnya maupun pembuatnya.
Keberhasilan suatu perusahaan dalam pemasaran harus ditunjang
dengan berhasilnya memilih produk yang tepat, harga yang pantas, saluran
distribusi yang baik dan promosi yang efektif.
No comments:
Post a Comment