Contoh silabus ini dapat di download link dibawah ini
Silabus kurikulumrevisi 2016 untuk sd kelas 4 tematik
Mata pelajaran meliputi : PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Satuan Pendidikan : SD Kelas : 4
Tema yang ada pada silabus ini terdiri dari beberapa tema 1 sampai dengan tema 8
Kompetensi Dasar Silabus Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2016
Tematik SD MI Kelas 4
- Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas
- Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
- Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirak-an hasil perhitungan
- Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
- Mengemuka-kan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan persen, serta memeriksa kebenarannya
- Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkan-nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Materi Pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
- Diskusi tentang rumah adat
- Diskusi tentang atap rumah adat mengapa memiliki sudut yang berbeda
- Mengukur sudut dari gambar
- Menjawab pertanyaan dari tari kipas
- Mempraktikan permainan tradisional
- Diskusi tentang aturan dan manfaat dari permainan tradisional dihubungkan dengan nilai-nilai Pancasila
- Berdiskusi tentang gambar yang diamati (apa pesannya dan membuat kalimat ajakan)
- Membuat poster “walaupun berbeda-beda tapi tetap satu’’
- Menuliskan alat musik tradisional dan dari daerah asal
- Berdiskusi tentang bagaimana benda yang dibunyikan menghasilkan bunyi yang harmonis
- Melakukan percobaan tentang bunyi dari selang
- Membuat rumah adat impian dengan menghias dan meronce
- Menulis 5 kata baku dan tidak baku
- Menjawab pertanyaan tentang keberagamaan
- Melanjutkan cerita tentang perbedaan
- Melancang pola bentuk-bentuk penyublinan
- Membuat pola penyumblingan
- Mempraktekan permainan engklek
- Membuat model kain dari permainan engklek
- Berdiskusi tentang hasil wawancara
- Membuat percobaan tentang bunyi
- Membuat rancangan tentang penyubliman
- Mempraktekan konsep persatuan dengan sapu lidi
- Membuat teks drama tenitang keragaman
- Mempraktekan teks drama yang telah dibuat
- Menjawab pertanyaan dari teks yang dibaca
- Mencari kosakata baru
- Membuat kalimat dari kosakata
- Mengerjakan latihan pembulatan bilangan puluhan
- Mendiskusikan jawaban teka-teki
- Membuat teka-teki
- Membuat ringkasan cerita
- Membuat pertanyaan tentang teka-teki silang
- Bernyanyi lagu daerah yako rambe yamko
- Mempraktikan membunyikan botol yang diisi air berbeda-beda
- Menaksirkan jumlah kue sesuai gambar
- Mendata makanan daera di rumahmu
- Mendiskusikan makanan khas daerah
- Mendiskusikan tentang memecahkan masalah dalam memilih penyelesian
- Membuat peta pikiran tentang manfaat kerja sama
Penilaian Observasi, Unjuk kerja, Hasil karya, Tes Lisan, Tes tertulis,
Alokasi Waktu dalam satu tema rata rata membutuhkan alokasi waktu 4 minggu (M) x 32 jam pelajaran (JP)
Sumber Belajar
Buku Teks Pelajaran Kelas IV, Media gambar, Casette tape recorder, Bahan daur ulang, Benda-benda yang berfungsi sebagai sumber energi dan penghantar panas Perlengkapan untuk eksperimen, Alat peraga.
No comments:
Post a Comment