Latest News

Wednesday, December 26, 2018

Tata cara membuat kerangka silabus k13 untuk kelas 4 sd/MI

Cara membuat silabus k 13 kelas 4

Cara membuat Silabus pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2016 tematik untuk SD MI kelas 4 anda bisa mengunduh atau download melalui link di bawah bisa di gunakan sebagai bahan referensi penyusunan silabus kurikulum 2013 revisi 2016.
 Sekolah dasar baik negeri maupun swasta tentunya akan melakukan penyusunan silabus, Sekilas gambaran silabus pembelajaran tematik kelas 4 SD MI sebagai berikut:
Contoh silabus ini dapat di download link dibawah ini
Silabus kurikulumrevisi 2016 untuk sd kelas 4 tematik
Mata pelajaran meliputi :  PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Satuan Pendidikan : SD  Kelas : 4
Tema  yang ada pada silabus ini terdiri dari beberapa tema 1 sampai dengan tema 8

Kompetensi Dasar  Silabus Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2016

Tematik SD MI Kelas 4

  • Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas
  • Memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
  • Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirak-an hasil perhitungan
  • Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
  • Mengemuka-kan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal, dan persen, serta memeriksa kebenarannya
  • Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkan-nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
Materi Pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang meliputi PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  • Diskusi tentang rumah adat
  • Diskusi tentang atap rumah adat mengapa memiliki sudut yang berbeda
  • Mengukur sudut dari gambar
  • Menjawab pertanyaan dari tari kipas
  • Mempraktikan permainan tradisional
  • Diskusi tentang aturan dan manfaat dari permainan tradisional dihubungkan dengan nilai-nilai  Pancasila
  • Berdiskusi tentang gambar yang diamati (apa pesannya dan membuat kalimat ajakan)
  • Membuat poster “walaupun berbeda-beda tapi tetap satu’’
  • Menuliskan alat musik tradisional dan dari daerah asal
  • Berdiskusi tentang bagaimana benda yang dibunyikan menghasilkan bunyi yang harmonis
  • Melakukan percobaan tentang bunyi dari selang
  • Membuat rumah adat impian dengan menghias dan meronce
  • Menulis 5 kata baku dan tidak baku
  • Menjawab pertanyaan tentang keberagamaan
  • Melanjutkan cerita tentang perbedaan
  • Melancang pola bentuk-bentuk penyublinan
  • Membuat pola penyumblingan
  • Mempraktekan permainan engklek
  • Membuat model kain dari permainan engklek
  • Berdiskusi tentang hasil wawancara
  • Membuat percobaan tentang bunyi
  • Membuat rancangan tentang penyubliman
  • Mempraktekan konsep persatuan dengan sapu lidi
  • Membuat teks drama tenitang keragaman
  • Mempraktekan teks drama yang telah dibuat
  • Menjawab pertanyaan dari teks yang dibaca
  • Mencari kosakata baru
  • Membuat kalimat dari kosakata
  • Mengerjakan latihan pembulatan bilangan puluhan
  • Mendiskusikan jawaban teka-teki
  • Membuat teka-teki
  • Membuat ringkasan cerita
  • Membuat pertanyaan tentang teka-teki silang
  • Bernyanyi lagu daerah yako rambe yamko
  • Mempraktikan membunyikan botol yang diisi air berbeda-beda
  • Menaksirkan jumlah kue sesuai gambar
  • Mendata makanan daera di rumahmu
  • Mendiskusikan makanan khas daerah
  • Mendiskusikan tentang memecahkan masalah dalam memilih penyelesian
  • Membuat peta pikiran tentang manfaat kerja sama
Penilaian Observasi, Unjuk kerja, Hasil karya, Tes Lisan, Tes tertulis,
Alokasi Waktu dalam satu tema rata rata membutuhkan alokasi waktu 4 minggu (M) x 32 jam pelajaran (JP)

Sumber Belajar

Buku Teks Pelajaran Kelas IV, Media gambar, Casette tape recorder, Bahan daur ulang, Benda-benda yang berfungsi sebagai sumber energi dan penghantar panas Perlengkapan untuk eksperimen, Alat peraga.

https://silabus.org/silabus-pembelajaran-kurikulum-2013-revisi-2016-tematik-sd-mi-kelas-4/amp/

No comments:

Post a Comment

Recent Post